GRAIN News

The Government Commitment and Support for PT. Great Asia Link

Friday, 02 November 2012 13:53 by

The Government Commitment and Support for PT. Great Asia Link









Dahlan Iskan Kunjungi Pabrik Mobil Listrik 'Made In Indonesia' di Gresik

 Wahyu Daniel – detikSurabaya

 

Jakarta- Menteri BUMN Dahlan Iskan belum berhenti untuk mendorong pengembangan teknologi mobil listrik di Indonesia. Hari ini, Dahlan mengunjungi pabrik mobil listrik milik orang Indonesia asli Wringinanom Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang akan segera beroperasi.
"Pak Dahlan melakukan kungjungan ke PT Great Asia Link yang berada di Wringinanom Kabupaten Gresik untuk meninjau pabrik pembuat mobil listrik," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance, Sabtu (15/9/2012).
Dikatakan Faisal, pabrik mobil listrik ini sanggup memproduksi 20 ribu mobil listrik untuk manual production line per tahun. Luas pabrik untuk mobil listrik ini mencapai 3.500 meter persegi dan sudah mulai operasi 28 Oktober ini. Sementara untuk automatic production line, pabrik ini mampu memproduksi 60 ribu unit per tahun mulai Maret 2013. Pabrik pembuatan mobil listrik automatic ini memiliki luas 4 ribu meter persegi. "Mereka menjamin baterai selama 4 tahun. Hitung-hitungan mereka saat ini perbandingan keiritannya 1:4 dibanding mobil bensin. Kalau nanti harga BBM naik, maka perbandingannya akan lebih besar," tutur Faisal. Nama-nama mobil listrik yang diproduksi pabrik ini adalah: Ravi untuk jenis APV, Hevi untuk jenis Pick Up, Hivi untuk jenis City Car.

Artikel terkait:

http://finance.detik.com/read/2012/09/15/110643/2020385/1036/dahlan-iskan-kunjungi-pabrik-mobil-listrik-made-in-indonesia-di-gresik
http://jaringnews.com/ekonomi/umum/23027/menteri-bumn-kunjungi-gresik-urus-mobil-listrik
http://www.kabarbumn.com/read-news-7-0-94-dahlan-kunjungi-pabrik-mobil-listrik-di-gresik.html#.UHd8d8XMjz4
http://www.republika.co.id/berita/otomotif/mobil/12/09/15/mae9t9-dahlan-tinjau-pabrik-mobil-listrik-di-gresik
http://mail.citydirectory.co.id/ekonomi/berita/Dahlan-Iskan-Kunjungi-Pabrik-Mobil-Listrik-Made-In-Indonesia-di-Gresik

 

 Indonesia Punya Pabrik Perakitan Mobil Listrik

 Keseriusan  Menteri BUMN Dahlan Iskan, untuk mengembangkan mobil listrik sebagai mobil masa depanmemang tidak main-main. Buktinya Menteri BUMN itu pada tanggal 15 September lalu telah mengunjungi pabrik perakitan mobil listrik yang ada di kecamatan Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur. Di pabrik tersebut akan diproduksi tiga jenis mobil listrik. Merek Hevi untuk jenis mobil Pick Up, Ravi untuk jenis mobil APV dan Hivi untuk city car. PT Great Asia Link yang  memproduksi mobil tersebut dibangun di atas lahan seluas 3500 meter persegi, untuk jenis manual aseembly. Mereka mentargetkan untuk memproduksi mobil 20 ribu unit pertahun, dengan harga satuan berkisar antara Rp 120 juta hingga Rp 130 juta untuk 600 CC hingga 900 CC. Jenisnya city car. Sebagian besar komponen mobil listrik memang masih di import, untuk baterainya merupakan lisensi Jerman yang diproduksi Tiongkok. Sebab, Jerman membangun pabrik di sejumlah negara di Eropa, Amerika dan diantaranya di Tiongkok. Untuk baterai PT Great Asia Link memberikan garansi sampai 4 tahun. Diakui harga baterai litium untuk mobil listrik ini memang agak mahal, yaitu sekitar Rp 20 juta hingga Rp 40 juta. Sedangkan mesninnya sementara perpaduan dari berbagai negara, termasuk di Eropa. PT Great Asia Link menargetkan untuk launching produk pertamanya pada tanggal 28 Oktober 2012 pada hari Sumpah Pemuda.

Artikel terkait:

http://alpokat.com/mobil/indonesia-punya-pabrik-perakitan-mobil-listrik/

  

Dahlan Iskan Jajal Angkot Listrik di Surabaya

Feby Dwi Sutianto - detikOto

 

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan terus mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia. Setelah memfasilitasi pengembangan mobil listrik jenis city car dan premium atau mobil listrik sekelas Ferrari, Dahlan siap mempromosikan mobil listrik untuk kepentingan berbeda. Hari ini, Dahlan terbang ke Surabaya untuk mencoba dan melihat prototype mobil listrik untuk tujuan angkutan umum alias angkot listrik. Dahlan bakal menceritakan keungunggal mobil tersebut dari kota Pahlawan tersebut. "Mobil listrik angkutan umum pertama di Indonesia sedang dicoba Menteri BUMN di Surabaya," kata Staf Khusus Menteri BUMN Abdul Aziz kepada detikFinance, Jumat (19/10/2012). Aziz mengaku, Dahlan juga sempat menjajal prototype angkot listrik ini. Nantinya prototype angkot listrik ini diproduksi oleh PT Great Asia Link, Surabaya. Selain itu, direncanakan prototype ini akan diproduksi secara massal dan dijual di seluruh Indonesia. "Seluruh Indonesia, nanti ada seri pick up," pungkas Aziz.

Artikel terkait:

http://oto.detik.com/read/2012/10/19/170131/2067394/1207/dahlan-iskan-jajal-angkot-listrik-di-surabaya
http://finance.detik.com/read/2012/10/19/161118/2067337/1036/wah-dahlan-iskan-terbang-ke-surabaya-jajal-angkot-listrik

 

 

Ravi Ikuti Jejak Ahmadi

MENJAJAL: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjajal langsung mobil listrik yang diberi nama Ravi di Surabaya, Jumat (19/10/2012). foto:diaputri/jpnn

 

SURABAYA (RP) - Proyek mobil listrik terus berjalan. Tidak sekadar konsep, beberapa bahkan sudah diproduksi. Jenisnya pun semakin beragam.  Setelah muncul mobil jenis city car karya Dasep Ahmadi di Depok, kali ini muncul mobil listrik tipe all purpose vehicle (APV) yang dibuat PT Great Asia Link (Grain) dengan nama Ravi. Pekan depan, giliran mobil sport mirip Ferrari yang akan diluncurkan di Jokjakarta.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjajal langsung mobil APV yang diberi nama Ravi tersebut di Surabaya kemarin. ‘’Mobilnya enak, lancar,’’ katanya. Dahlan membawa mobil tersebut berkeliling beberapa saat. Meski memuji performa Ravi, Dahlan mengatakan bahwa mobil listrik itu belum siap diproduksi secara massal. Sebab, ada beberapa bagian yang mesti dibenahi. Selain Ravi, PT Great Asia Link juga akan memproduksi mobil listrik jenis lain. Yakni, Havi (pick up) dan Hivi (city car).
Dahlan menyambut gembira munculnya beraneka ragam jenis mobil listrik. Dia mengatakan, hingga akhir tahun ini akan ada lima jenis mobil listrik yang keluar. Salah satunya adalah mobil listrik mirip Ferrari yang rencananya keluar pekan depan di Jogjakarta. Dahlan menegaskan bahwa pasar Indonesia sudah siap menyambut mobil listrik. Mobil jenis ini menjadi pilihan seiring dengan meningkatknya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM). ‘’Biaya operasional mobil ini jauh lebih hemat,’’ katanya. Dari segi harga, akan diusahakan sama dengan mobil berbahan bakar minyak. Bahkan bisa lebih murah. Untuk itu, nantinya akan ada keringanan bagi pabrikan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberi fasilitas keringanan pajak untuk pembelian bahan baku. Manager Marketing and Sales PT Great Asia Link Haryanto Setiawan mengatakan, perusahaannnya berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik. Dia yakin prospeknya sangat bagus karena belum tergarap di Indonesia. Padahal di beberapa negara maju seperti Belanda, market share mobil listriknya menuju angka 20 persen ‘’Mobil ini bisa menjadi alternatif. Biaya operasionalnya 75 persen lebih hemat dibanding mobil biasa,’’ terangnya. Salah satu kelemahan mobil listrik adalah kekuatan baterai. Alhasil, pada tanjakan atau medan tertentu, mobil listrik tampak lemah. Namun, dengan terus meng-update teknologi, masalah itu bisa direduksi. Untuk mobil listrik Ravi, kapasitas baterainya bisa menempuh 120 sampai 160 kilometer dengan kecepatan 120 km/jam. Haryanto menambahkan, tipe Havi dan Hivi saat ini masih dalam prototype dan direncanakan rampung Desember mendatang. Setelah semua bagian dirasa sempurna, pihaknya bakal memproduksi secara masal pada Maret 2013. PT Great Asia Link bakal memanfaatkan 25 persen dari kapasitas pabriknya, yaitu sekitar 20 ribu unit per tahun. Secara penuh, mereka bisa memproduksi mobil listrik untuk manual production line sebanyak 20 ribu unit per tahun, serta 60 ribu unit per tahun untuk automatic production line.

Artikel terkait:
http://www.riaupos.co/berita.php?act=full&id=18359&kat=12
http://pasundanekspres.co.id/pasundan/6934-dahlan-iskan-jajal-mobil-listrik-apv
http://www.ketitik.com/2012/10/19/6398/dahlan-iskan-test-drive-angkot-listrik-surabaya/

 

 Bupati Pesan 3 Mobil Listrik Made in Gresik

 

GRESIK (jurnalberita.com) - Tertarik dengan efisiensi serta ramah lingkungan, Bupati Gresik langsung memesan 3 unit mobil listrik. Menurut Bupati ketiga unit mobil itu rencananya untuk kendaraan dinas Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Gresik. Keinginan Bupati ini tercetus saat mengunjungi PT Great Asia Link (PT GAL), di Desa Sumberwaru, Wringinanom Gresik, Selasa (30/10/12). Saat mengunjungi produsen  mobil listrik ini, Bupati mendapat penjelasan dari Benedictus HFW, Menejer Tehnik PT GAL. Produsen mobil elektrik merk ELVI ini, baru memproduksi 3 varian yakni tipe Hevi, Ravi dan Hivi. “Tipe ini yang kayaknya paling laku dipasaran Indonesia” katanya. Sayang,  3 varian mobil listrik  ini belum bisa diluncurkan ke pasaran. “Peluncurannya masih menunggu keputusan Pemerintah terkait kebijakan mobil listrik,” katanya. Masih menurut Benedictus, mobil listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 120 km dalam satu kali charger. Melalui Kabag Humas Pemkab Gresik, Bupati mengatakan, kunjungannya ke pabrik mobil listrik ini memang tidak direncanakan. “Bupati tertarik mengunjungi karena menurut Bupati, pabrik mobil listrik ini merupakan sebuah prestasi bagi masyarakat Gresik. Saya kira, pabrik ini satu-satunya pabrik mobil listrik yang punya harapan bagus,” ujarnya. Andhy mengungkapkan, sebelumnya Bupati melantik Mohammad Ali sebagai Kepala Desa Sumberwaru. Dalam pelantikan tersebut, Bupati meminta pada Kepala Desa yang baru untuk segera melaksanakan tugas agar masyarakat  lebih sejahtera.

http://jurnalberita.com/2012/10/bupati-pesan-3-mobil-listrik-made-in-gresik/
http://regional.kompas.com/read/2012/10/30/20481315/Pemkab.Gresik.Pesan.Mobil.Listrik.untuk.Kendaraan.Dinas
http://www.antaranews.com/berita/341290/bupati-gresik-akan-gunakan-mobil-listrik

 

<< Back